Rabu, 25 Januari 2012

Teknik Penyembuhan Pusing atau Migren


Teknik Penyembuhan Pusing atau Migren

Beberapa Pendekatan Hypno dan NLP


Oke Pembaca yang budiman, kalau Anda juga mengalami hal hal di kepala Anda baik sakit kepala, sering pusing dan migren. Pertama yang harus dilakukan adalah pergilah ke Dokter, dan mintalah Supaya Dokter memeriksa secara lengkap kalau perlu foto kepala CT Scan dan pemeriksaan tambahan lainnya sehingga akan diketahui causanya. Anda boleh juga Tanya ke dokter, tanyakan apakah pusing, cekot cekot atau migraine itu sekedar symptom sebagai tanda ada diagnosa dibalik symptom itu.
Cek dulu ke dokter, Mengapa hal ini penting bagi Anda?
Karena Hypnotherapist bisa saja membantu menghilangkan gejala gejala di atas, namun jangan sampai justru dengan hilangnya gejala tersebut justru malah mengaburkan penyakit yang seharusnya bisa diketahi dari tanda tanda sakit kepala Anda.
Misal Anda Anda mengalami cekot cekot itu terus menerus di salah satu bagian dari kepala Anda. Lama sekali tidak hitang hilang meski sudah minum obat analgesic atau pain killer.
Ternyata apa yang terjadi ? Setelah diperiksakan ke dokter saraf atau nerolog, justru ada benjolan di dalam kepala Anda. Benjolan atau tumor otak masih kecil sehingga mudah ditangani. Bayangkan kalau cekot cekotnya dihilangkan sehingga Anda tidak mengeluhkan sakitnya ke Dokter, maka  tumor itu akan tidak ketahuan sampai tumor itu menjadi sangat besar dan sulit dihilangkan. Maka seorang hypnotherapist harus arif kalau menghadapi klien dengan sakit kepala , cekot cekot terus menerus.
Lain halnya kalau Anda sudah memeriksakan diri ke dokter. Dokter sudah teliti memeriksa Anda termasuk dengan berbagai peralatan pendukung. Dan ternyata dibalik syptom tersebut tidak ditemukan hal yang membahayakan. Bisa saja pusing atau sakit kepala itu karena sebab psikis. Maka pusing pusing itu atau hal yang tidak mengenakkan kepala Anda boleh dihilangkan dengan hypnotherapy atau medical NLP.
Anda boleh melakukan beberapa pendekatan yang pas bagi diri Anda dan ekologis. Beberapa cara yanng sering saya gunakan baik untuk diri saya sendiri maupun kepada klien klein yang datang di klinik saya adalah sebagai berikut.
Pertama dengan memainkan submodalitas editing
  • Identifikasikan nyeri kepala Anda, atau sakit kepala Anda.
  • Cari letaknya dan masuk ke dalam pikiran Anda atau perasaan Anda.
  • Apakah Anda bisa melihat atau membayangkan bentuknya? Apa bentuknya bagus perjelas, dua demensi atau tiga dimensi.
  • Hitam putih atau berwarna ? Apakah ada warnanya? Apa warnanya ?
  • Perjelas bentuk dan warnanya.
  • Catatan semakin Anda mudah mengidentifikasikan kualitas dari submodalitas Anda semakin mudah Anda mengeliminasi pusing Anda.
Metode Blowout
  1. Sekarang seiring dengan tarikan nafas tiupkan keras keras seolah olah Anda meniupkan udara ke botol.
  2. Teruskan salurkan pusing itu lewat tiupan keras
  3. Lakakan dengan penuh imaginasi dan perasaan bahwa seluruh bentuk dan warna pusing atau sakit kepala itu masuk ke botol
 Metode Tranferansi dari Submodalitas Editing
  1. Sekarang setelah tahu warna , bentuk dan rasa pusing atau nyeri kepala itu
  2. Sekarang masuk ke relaksasi setiap hembusaan atau tarikan nafas Anda masuk ke pengalamn trance yang pernah Anda lakukan, lakukan self hypnosis lalu edit submodalitas Anda seiring dengan tarikan nafas Anda biarkan nafas yang Anda hirup masuk ke pusing Anda dan seiring dengan masuknya udara yang Anda hirup mengubah warna sakit kepala Anda lihat dengar dan rasakan sakit kepala Anda sudah berubah warna menjadi warna kesukaan Anda dan setelah bersih dari warna semula, Anda bisa salurkan pusing itu lewat tangan Anda ke tembok pegang temboknya. Lalu lakukan Anchoring, kapanpun saya mengalami pusing beginmi dan tangan saya memegang tembok maka pusing langsung berubah warna, dan dengan segera tersalurkan ke tembok lewat tangan saya.
Metode Dissociasi sinar Matahari
ini salah satu metode saya dalam menangani migrain
1. Sekarang  masuk dalam self hypnosis dengan cara apapun sekarang gunakan perasaan, imaginasi dan apapun dari seluruh indera.
2. Sekarang lakukan, bahwa  Anda mengimaginasikan Anda berjemur di sinar matahari.
3.Sekarang rasakan panasnya sinar matahari di tubuh Anda dan kulit tangan Anda, sementara Anda merasakan sinar matahari ini biarlah pusing atau nyeri kepala Anda larut bersama perasaan hangat dari singar matahari Anda
4. kapanpun Anda merrasa pusing dan pikiran Anda mengimaginasikan Anda berjemur di sinar matahari maka Anda akan sembuh dan merasa hangat.
Kedua dengan Six  Steps Reframing. Metode ini adalah salah satu metode NLP yang ampuh untuk menghilangkan atau memindahkan sakit kepala dengan juga mengetahui intensi positif dari sakit kepala yang Anda terima.
Caranya :
1. Identifikasi persoalan
Identifikasi tindakan yang ingin diubah. Misalkan “Saya ingin tetap mengetahui apa dibalik nyeri kepala dan pusing saya. Saya tahu saat ini saya ngilu atau pusing luar biasa, namun seharusnya saya tidak perlu mengalaminya saat ini karena saya sedang presentasi.
 2. Berkomunikasi dengan bagian yang bertanggung jawab atas tindakan itu (set ideomotor response)
Tenangkan diri, tarik nafas halus keluarkan sehingga Anda cukup rileks, bisaa juga melakukan self hypnosis..Kemudian Anda boleh hening dan masuklah dalam diri Anda juga boleh bertanya dalam hati kepada pikiran bawah sadar Anda. Hai bagian yang menciptakan pusing ini, bersediakan kamu berdialog denganku ? Perhatikan jika Anda relask jawaban bisa lewat selftalk Anda, bisa tubuh bergerak gerak atau ada dorongan di hati Anda, (berlatihlah supaya lebih peka)
Atau tolong jika sudah siap dan ada jawaban iya gerakkan kecil di jari telunjuk Anda atau kedipan mata.  Jika belum tunggu atau mintalah tanda. Jika sudah iya ucapkan terima kasih ke pikiran bawah sadar Anda.
 3.Pisahkanlah maksud positif dari tubuh yang memiliki problem sakit kepala
Masuklah kedalam dan berterima kasih untuk bagian yang berkomunikasi dengan Anda dan menanyakan ”Apa maksud positif hal ini untuk saya? Katakan terima kasih atas jawabannya.
4. Tanyakan ke sisi kreatif Anda untuk menemukan cara lain agar tujuan intensi positif itu tetap terpmenuhi
Mintalah 3 pilihan atau satu pilihan yang memenuhi tujuan positif dari bagian tubuh tetapi tidak menimbulkan akibat negarif lain. Maukah untuk sementara pusing atau sakit kepala berhenti dan pindah ke tempat lain misal kuping gatal, atau kaki kesemutan atau hidung memerah.
5. Tawarkan 3 pilihan itu pada bagian tubuh yang telah membuat simptom itu
 Mintalah signal jika ia menerima alternatif  pilihan. Dan ucapkan terima kasih karena sakit kepala mau pindah Jika pilihan tidak dapat diterima,atau tidak ada signal,jalani langkah 4 atau tambahkan pilihan.
6.Periksa kondisi apakah sudah ekologis dengan seluruh tubuh yang lain
Pergilah ke dalam dan tanyakan apakah ada bagian tubuh lain yang menolak perubahan.Jika semua menerima,mintalah semua untuk ikut bertanggungjawab pada perubahan ini sejak sekarang.Kemudian ucapkan terima kasih pada semua.
Jika ada yang menolak, identifikasikan bagiannya dan lanjutkan ke langkah 2, ulangi siklus bagian itu,implementasikan pilihan,masuk kembali dan tanyakan bagian yang bertanggungjawab atas permasalhan itu.
CATATAN PENTING
1.Ini bukan pengobatan, bukan pula dimaksudkan untuk menggantikan pengobatan dari dokter.
2.Anda harus segera menemui dokter untuk meminta pengobatan atau terapi yang     berhubungan dengan hal ini, agar masalah benar-benar terselesaikan.
3.Ini adalah proses negosiasi agar maksud baik (intensi positif) dari tubuh dalam memberikan informasi adanya rasa sakit,diganti dengan cara lain yang lebih ekologis.
4. Dapat dipakai pula untuk hal lain yang menunjukkan adanya indikasi konfliks parts.
 Ketiga , Cara lain dengan methapfore untuk sakit kepala dan migrain.
A. Selfhealing dengan melakukan hypnotherapy
Rasakan otot-otot di pelipis Anda relaks. Fokuskan perhatian Anda pada otot-otot disekitar dahi dan rasakan otot-otot tersebut relaks. Istirahatkan mata dan hirup udara dalam-dalam (Pause).
Hembuskan dan rasakan semua otot di kepala Anda relaks (Pause)
Sekarang ikutilah, fokuskan otot-otot yang ada di kepala, dahi, disekitar kepala, telinga dan sekitar tengkorak. Dan relakskan di area tersebut. Ketika Anda merelakskan sekitar dahi, sekitar kepala, sekitar telinga dan dagu Anda, imajinasikan hawa dingin berhembus menerpa wajah Anda. Mendinginkan kepala, wajah, dan mata Anda. Imajinasikan sensasi hawa yang membuat kepala dan mata Anda menjadi enteng. Imajinasikan Anda sedang berjalan di gunung yang bersalju. Ke dua tangan Anda dimasukkan ke saku, yang membuat tangan menjadi hangat dan semakin hangat. Tangan Anda hangat dan nyaman. Ketikan angin dingin berhembus dan udara dingin membuat kepala Anda menjadi lebih dingin, ringan, relaks di semua otot serta membebaskan dari segala kesesakan dan stres. Rasakan sensasi tenang disekitar mata dan dahi. Anda menjadi tenang nyaman dan relaks (Repeat).
(Catatan: Pemanasan ke dua tangan selama memberi sugesti ini sangat penting. Ketika pembuluh darah di tangan membesar, tekanan diturunkan dengan memperbesar pembuluh darah di kepala).  
B. Trance KEHANGATAN
(Sebuah Metafora dan Pendekatan Langsung Bagi Penderita Migrain)
Sekarang, ketika Anda relaks, biarkan diri Anda mengalami berbagai macam perubahan. Ketika Anda memasuki trance, saya akan membantu Anda belajar bagaimana merubah penyakit tersebut sehingga nanti Anda mampu menjaga atau mencegah penyakit pusing Anda. Dan ketika Anda merasa peyakit migrain datang, Anda perlu mempelajari hal ini, apa yang perlu Anda lakukan supaya Anda dapat membuat tangan dan kaki Anda menjadi sangat hangat dan panas dengan cepat.
Supaya Anda dapat memperhatikan tangan dan kaki Anda, saya ingin Anda dapat mengimajinasikan tangan dan kaki Anda merasakan panasnya sinar matahari … atau berbaring di air bak mandi yang hangat…. atau apapun imaginasi lain masuk kepikiran Anda, perhatikan kehangatan yang ada di tempat tersebut. Dan mulailah merasakan semakin hangat dan semakin hangat bahkan semakin panas. Walaupun semakin bertambah hangat, kehangatan tersebut menyebar masuk ke lengan dan kaki.
Dan ketika lengan dan kaki Anda bertambah menjadi hangat, Anda teruskan untuk menjadi tetap semakin relaks, masuki alam bawah sadar Anda semakin dalam dan biarkan pikiran Anda mulai merasakan kehangatan dan relaksasi di jari-jari, tangan, kaki, lengan seakin bertambah hangat dan berat.
Sekarang kapanpun Anda merasa pusing datang, yang perlu Anda lakukan adalah relaksasi, sambil merasakan kehangatan mulai mengalir ke seluruh tubuh.
Atau rasakan kehangatan hanya di kaki dan tangan dan Anda membeli sarung tangan dan kaos kaki yang dapat memanaskan sendiri dengan baterei kecil. Buatlah sarung tangan dan kaos kaki tersebut menjadi semakin hangat, segera pakai sarung tangan dan kaos kaki tersebut dan rasakan semakin lama semakin hangat. Rasakan hangatnya mulai masuk dan rasakan sarung tangan dan kaos kaki tersebut mengeluarkan panas sendiri. Rasakan sarung tangan dan kaos kaki tersebut memberi kehangatan dan mampu bekerja dengan baik, sekalipun berada di Alaska yang begitu sangat dingin sarung tangan dan kaos kaki masih tetap memberi kehangatan, tangan dan kaki mulai menjadi lebih lentur.
Rasakan kelembutan dan kehangatannya menyebar ke lengan mengalir terus sampai pada kesadaran Anda dan sampai pada saat Anda membuka mata.
Sekarang kehangatan mengalir naik, rasakan hangat yang enak. Anda bisa menciptakan suasana ini kapanpun yang Anda inginkan.
Sekarang kehangatan mengalir ke kesadaran dan mata Anda sampai Anda membuka mata.
(dilanjutkan ke terminasi) 
Pembaca yang baik silahkan melakukan salah satu metode tersebut dalam memanage proyek sakit kepala Anda, namun jika Anda seorang therapist Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa metode di atas di penggalaman dan ilmu ilmu Anda. Namun jika lewat cara di atas Anda belum sembuh juga, mungkin Anda mengalami kompleksitas dari syptom di atas maka Anda bisa mendatangi seorang hypnotherapist yang kapabel, dia akan membantu Anda mengetahui berbagai sebab lain yang menyebabkan Anda terus sakit kepala dan melakukan reedukasi dan treatment untuk Anda.

Oke sahabat Pembaca, kini Anda menyadari bahwa ada banyak cara untuk sembuh dari sakit kepala, ternyata Anda punya resorces untuk menyembuhkan diri sendiri. Sehingga Anda tidak perlu membawa bungkusan berisi obat obat analgesik.
Selamat menyelami ke pikiran bawah sdar Anda yangmungkin belum kita sadari menjadikan hidup kita semakin bermakna lewat sakit kepala dan pusing. Yang terpenting kita syukuri semuanya itu dan hidup kita akan berkembang lebih baik. Dan yakinilah ucapan Emilie Coue Makin hari seiring dengan tarikan nafas saya, saya semakin sehat sehat dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar