Rabu, 25 Januari 2012

Pediatric Clinical Hypnotherapy*


Pediatric Clinical Hypnotherapy*

Filosofi, Konsiderasi, Presuposisi, Strategi dan Studi Kasus Hipnoterapi Klinik pada Anak

Pengantar
Hipnosis adalah salah satu cara bagaimana memberdayakan pikiran bawah sadar. Ibarat raksasa yang sedang tidur didalam diri kita, potensi dahsyat itu hanya bisa digunakan kalau sang raksaksa tidak tidur lagi. Hipnosis adalah salah satu cara untuk membangunkan raksaksa potensi luar biasa dari diri kita, termasuk pada anak. Cara kerja utama hipnosis adalah penembusan faktor kritis dan melakukan perubahan dalam tataran pikiran bawah sadar atau by pass critical factor and trance work activities.

Hipnosis untuk anak dan remaja, khususnya untuk kasus kasus klinis lebih tepat menggunakan terminologi Pediatric Hypnotherapy.  Tulisan di buku ini adalah hasil dari pengalaman saya melakukan hipnoterapi pada anak anak yang saya lakukan lebih dari 5 tahun serta hasil pembelajaran saya dari berbagai literatur maupun belajar langsung pada berbagai ahli hipnoterapi yang menjadi guru guru saya. Motivasi saya menulis adalah berbagi pengalaman dan semoga bisa memberikan kasanah kekayaan literatur pediatric hypnotherapy

Buku ini adalah hasil pengembangan workbook yang saya gunakan dalam pelatihan . ini adalah yang saya berikan terhadap para hypnotherapist lebih sejak 3 tahun terakhir ini saya sampaikan dalam training training saya.. Dalam kesempatan ini kita akan belajar bersama dan praktek bagaimana melakukan sesi hypnoterapi terhadap anak anak dan remaja.
Filosofi dan Konsiderasi

Anak anak adalah subyek hipnosis yang sangat baik. Dan sehari hari disadari maupun tidak disadari secara alamiah anak anak sudah sangat terhipnosis oleh lingkungan sekitarnya, termasuk teman teman bergaulnya, orang tuanya, televisi dan lingkungan sekolah. Sayangnya hipnosis sehari hari yang diterima lebih banyak berisi konten negatif daripada positifnya. Contoh anak anak sudah disuguhi film film kekerasan dan tanpa tersaring film film itu mempengarungi perilaku kekerasan anak. Atau pertengkaran orang tua dihadapan anak juga merupakan hipnosis negatif bagi anak.

Hal ini berbeda dengan melakukan hipnosis positif atau memberikan sugesti positif seperti percaya diri atau rajin belajar yagn dilakukan secara sengaja akan berdampak positif terhadap anak baik ketika melakukan masa kanak kanak maupun berkembang menuju kekedewasaan.

Kalau sejak anak anak sudah akrab dengan hipnosis maka anak anak akan menjadi luar biasa. Tidak saja perilakunya akan lebih baik, pikiran positifnya dan cara belajarnya akan melejit. Selain itu hypnosis, juga merupakan tools ampuh untuk menjaga kesehatan fisik, emosi dan spiritual anak.

Bahkan hipnoterapi juga membantu aspek kuratif saat anak menderita sakit baik akut maupun kronis. Spesialisasi hipnosis yang digunakan pada anak, dengan aspek menyeluruh baik psikologis termasuk aspek medis dikenal sebagai Pediatric Clinical Hypnotherapy.

Menghipnosis anak anak dengan induksi yang khas anak anak jauh lebih sederhana dibandingkan menghipnosis orang yang lebih dewasa tentu saja dengan kepala berisi pertanyaan mengapa bisa terjadi dan penuh analisa. Anak anak punya daya imaginasi yang sangat bagus.

Melakukan hipnoterapi anak sangat berbeda dibandingkan dengan orang dewasa, tidak saja tekniknya. Lebih penting lagi adalah bagaimana melibatkan orang tua terhadap proses terapi. Orang tua merupakan domain yang dignifikan dalam Pediatric Hypnotherapy.
Maka sebaiknya Pediatric Hypnotherapist mengajarkan hypnoparenting kepada orang tua yang anaknya dibawa ke hipnoterapist.
Peran Orang Tua
Pengalaman saya sekitar 5 tahun menangani berbagai kasus pada anak anak dan remaja. Sebagian besar kasus anak selalu terkait atau disebabkan oleh orang tua terutama menyangkut pola asuh. Perilaku serta kebiasaan orang tua senantiasa tercermin pada anak anak mereka. Ingat orang tua adalah figur dominan yang kuat dimana sehari hari sengaja maupun tidak senaja “menghypnosis” informal terhadap anak.

Sayangnya karena ketidaktahuan maka sugesti negatiflah yang banyak diterima oleh anak. Maklum sebagian besar orang tua tidak belajar mengenai cara bekerjanya hukum hukum pikiran bawah sadar. Bisa ditebak, nasihat atau kata kata atau sikap orang tua yang intensinya positif malah menjadikan sikap dan perilaku negatif bagi anak anak dan remaja.

Sebelum mencerna bagaimana hypnoparenting bekerja, ada baiknya orang tua mengetahui beberapa hal dibawah ini.

Lima Hal yang Diinginkan Anak dari Ortunya
  • Kebebasan dan ruang menjadi orang yang dia inginkan
  • Dipercaya
  • Dicintai dan diterima
  • Dihargai dan diakui
  • Diberi kemerdekaan

Six Paths to Love Children (Garry Chapman-Ross Cambell
Cinta harus dipupuk terus menerus, sehingga anak juga merasa dicintai.
  1. Waktu yang berkualitas (kuantitas dan cara komunikasinya) lihat ada cara komunikasi !
  2. Kata kata positif, pujian dan dukungan bukan sekedar basa basi baik, bagus, pinter tapi perjelas pujian di hal apa.
  3. Perhatian khusus eksklusif di saat tertentu dan curhat lah.
  4. Kontak badan sentuhan fisik, pelukan, ciuman, tatapn mata, berjongkok sejajar.
  5. Pemberian hadiah, dengan tulus tak perlu mewah.
  6. Pelayanan dalam batas wajar.

Hypnoparenting (penggunaan hipnosis untuk parenting) memang tidak terlalu sulit dilakukan oleh para orang tua. Orang tua juga bisa belajar Hypnoempowerment untuk memberdayakan perilaku anak, sehingga dalam menggunakan kata kata dan sikap tidak masuk dalam lingkaran sesat sugestif. Hati hati terhadap isi sugesti yang membahayakan.

Orang tua juga mempraktekan hypnoparenting sederhana salah satunya adalah  sleep whispering, (hypnosis attached sleep condition) yaitu ketika anak anak tidur dengan membisikkan kata kata sederhana sesuai dengan hukum hukum pikiran bawah sadar, dan saat memberikan bisikan sambil menggoyang-goyangkan untuk mendapat konfirmasi ideomotor signal.

Pengulangan kata kata positif serta memberi sugesti sederhana untuk memupuk perilaku  dan kebiasaan baik, merupakan vitamin bagi pikiran anak anak.

Meski akan lebih baik, jika orang tua sambil menguasai hypnoparenting juga menguasai teknik lanjutan hypnosis. Namun begitu untuk kasus kasus baik psikis, medis maupun klinik yang dialami anak anak , perlu keahlian khusus bagaimana menanganinya serahkan pada ahlinya.

Kini ketrampilan menghipnoterapi sekarang bukan hal yang langka. Setiap keluarga bisa mempelajari hipnoterapi anak, baik untuk kepentingan anak anak Anda sendiri atau bahkan menjadi hipnoterapi profesional. Idealnya memang sebelum mempelajari hipnoterapi anak ada baiknya menguasai teknik hipnoterapi general untuk orang dewasa.

Beberapa yang bisa dibawa oleh oleh sebagai PR orang tua adalah :
  1. Log book and Chart
  2. Selalu memakai terminologi positif
  3. Bicara kerangka masa depan
  4. Memberi dukungan
  5. Menggunakan “time out game”

Maka wahai orang tua sebelum Anda memutuskan untuk mengambil kursus hipnoterapi, ada baiknya jika Anda dibimbing pembimbing yang tepat dengan mengalami berbagai kasus praktium maka Anda akan menjadi handal. Makanya ketika Anda memutuskan belajar hypnotherapy harus teliti, apakah Anda mempunyai kesempatan untuk praktek langsung berhadapan dengan klien. Sekaligus Anda juga boleh mengecek kredensial trainernya.

Peran Pediatric Hypnotheraist
Kunci utama menjadi hipnoterapi  anak adalah mengetahui dan mempraktekkan kaidah pokok dalam hypnotherapy anak, selain teknik teknik khusus, faktor signifikan keberhasilan adalah membangun kedekatan (building rapport terhadap klien).
Ada berbagai teknik building rapport standart,  Donald J Mottin dalam bukunya Raising Your Children with Hypnosis 2005, memakai istilah ‘Preliminary” yang mencakup enam langkah yaitu :
1. Membangun trus , Mottin sering menggunakan 3 F’s (feel,felt,found) sebagai tiga kata dahsyat  kemudian dilakun “pacing” baik pacing suara, gestur, nafas, dan kosa kata (voice , gestures, breating , vocabullary).
2. Bagaimana Anak bisa mendapat pengalaman yang menyenangkan selama sesi.
3. Menciptakan harapan positif.
4. Menciptakan kepercayaan bahwa goal bisa dicapai.
5. Menghilangkan rasa takut.
6. Menerangkan apa yang akan mereka rasakan.

Meski ada banyak model yang ditawarkan oleh berbagai ahli pediatric hypnotherapist namun ternyata ada garis merah kesamaan yaitu, kepercayaan klien terhadap hypnotherapist dan kemampuan hypnotherapist mengetahui permasalahan klien adalah kunci pokok keberhasilan sesi pada anak.

Dalam kesempatan yang singkat ini, kita akan sharing dan belajar bersama bagaimana melakukan subconscious to subconscios communication terhadap anak, jurus ini sering kali saya gunakan dalam sesi hipnoterapi untuk kasus kasus dimana anak anak yang kesulitan mengungkapkan “problem” , atau anak anak yang malas bicara. Gunanya terutama mengetahui sesuatu yang kadang tidak terkatakan oleh anak dan terlewatkan oleh orang tua.
PS : (subconscious to subconscios communication terhadap anak, sengaja tidak saya tuliskan langkah langkahnya di makalah ini, namun bagi Anda yang hadir di kelas saya  akan mempraktekanya)

Sebelum kita mempraktekkan jurus ini ada baiknya kita menyimak presuposisi Pediatric Hypnotherapy lebih dahulu.

Beberapa presuposisi terhadap hypnotherapy pada anak.
  • Anak anak adalah subyek hypnosis yang sangat bagus
  • Lingkup hypnotherapy anak menurut Thompson mulai hypnobirthing. Artinya empowerment anak bisa dimulai sejak dalam kandungan ibu. Begiu juga Klein juga berpendapat yang sama
  • Kroger(2008), anak anak dengan usai 5 tahun ke atas punya pengertian terhadap ucapan ucapan yang digunakan untuk menghypnosis. Anak anak juga punya rasa percaya yang tinggi terhadap sosok hypnotherapist, serta imaginasi yang sangat kuat menjadikannya sangat mudah menerima sugesti hypnosis.
  • Namun anak anak juga punya jeda perhatian, sehingga menghypnosisnya tidak perlu dalam waktu yang lama. Trance anak kecil kadang tidak stabil.
  • Anak anak juga punya fantasi yang luar biasa, ini bisa digunakan sebagai pintu masuk yang baik dalam hypnosis.
  • Anak anak banyak yang masih kritikal faktornya tidak aktif sehingga gerbang bawah sadarnya hampir selalu terbuka , ini bisa digunakan untuk keluar masuk trance.
  • Anak anak balita gerbang bawah sadar sangat aktif hati hati dengan rangsangan eksternal yang memberikan sugesti atau kata kata negatif, karena langsung ditelan tanpa diolah di kritikal area.  Berita baiknya mudah memberikan program  positif ke Balita maupun anak anak. Lingkungan pergaulan dan situasi rumah dan sekolah adalah enviroment hypnosis yang sangat kuat bagi anak anak.
  • Anak kecil bukan orang dewasa yang bentuknya kecil, karenanya pola pikir dan tingkah laku tidak boleh disamakan dengan orang dewasa.
  • Anak anak punya dunianya sendiri, perhatikan map dalam pikiran anak

Yang dibutuhkan anak anak adalah suasana yang membuat mereka merasa bahagia dan dicintai, sehingga mereka bisa merasa percaya diri.
Makanya ketika Anda menghipnosis anak anak, membawanya dalam hypnosis state atau trance suasana kebahagiaan hati, dan menghidupkan fantasi anak  akan jauh lebih efektif. Bercerita yang membawa anak anak penasaran juga wahana yang baik membawa mereka ke kondisi trance hypnotic
Strategi dan Teknik Hipnoterapi pada Anak
Beberapa kaidah pokok yang bisa dipakai sebagai pertimbangan dalam sesi hypnotherapy adalah : Menggunakan bahasa positif, sesi sesi untuk anak lebih merujuk situasi informal, bahasa dan pengertian yang digunakan menyesuaikan umur klien, anak anak punya keinginan tinggi dalam berimajinasi, progress sesi bisa cepat bisa sedang dan lambat, hypnotherapist juga menghitung ekspektasi yang tidak di ekspektasikan.

Milton Erickson dlam melakukan hypnotherapy pada anak, menekankan aspek dibah ini :
  • Setiap orang adalah unik , anak mempunyai keunikan yang harus diperlakukan unik.
  • Hipnosis adalah proses komunikasi ide
  • Setiap orang punya sumberdaya yang bisa menghasilkan sesuatu.
  • Trance berpotensi menghasilkan sumberdaya
  • Trance merupakan hal alami
  • Perubahan tranformasional merupakan serangkaian koreksi lebih dari sekedar koreksi kesalahan.
  • Keunikan manusia dapat diapresiasikan pada banyak level.
  • Unconscious dapat beroprasi otomatis dan menghasilkan sesuatu.

Menjangkau pikiran bawah sadar anak dengan mem-by pass critical factors :
  1. Melalui repetisi
  2. Emosi kuat
  3. Relaksasi
  4. Konsentrasi
  5. Kepercayaan

Indikasi Hypnotherapy pada anak
  1. Ketika anak anak menunjukan respon terhadap induksi hypnosis
  2. Ketika problemnya bisa diatasi dengan hypnosis
  3. Ketika ada relasi positif antara hypnotherapist dan anak
  4. Setidaknya anak mempunyai motivasi untuk memperbaiki keluhannya
  5. Ketika orang tuanya atau pengasuh setuju dengan rencana therapy
  6. ketika penggunaan hypnosis tidak akan menyebabkan ”iatrogenic harm”

Kontra indikasi
  1. Ketika arahannya bisa menyebabkan bahaya fisik ke anak (contoh di bidang atletik)
  2. Ketika penggunaan hypnosis mengarah pada terjadinya masalah psikologi atau penciptaan masalah baru contoh membuat lupa create amnesia terhadap oang yang telah menolak cintanya.
  3. Hypnosis for stage atau entertain tidak seharusnya dilakukan pada anak.
  4. Jika problem lebih efektif dilakukan dengan tanpa hypnosis, contoh (familly therapy)
  5. Ketika sumber yang mereferensi atau orang tuanya meminta hypnosis berdasarkan misdiagnosa. Sebagai bahan pertimbangan, hypnotist tidak melakukan hypnosis atas permintaan orang tua supaya anaknya menjadi submisive.

Sugestibilitas pada Anak dan Remaja
Kalau orang dewasa ada skala skala sugestibiliatas maupun kedalaman trance seperti SHSS, Davis-Husband, LeCron Borduex, Aron Six Scale, HIP, SUNNEN Scale dll. Pada anak anak kebanyakan hanya fokus pada tanda tanda trance, kedalaman trance dan faktor sugestibilitas anak hampir dijadikan hal yang tidak terlalu signifikan, kecuali pada kasus kasus penyakit kronis yang membutuhkan trance dalam, sehingga sugesti bisa bekerja di level metabolisme dan cellular.

Namun begitu ada baiknya juga Pediatric Mengetahui skala skala sugestibiitas yang digunakan kepada anak, beberapa studi sugestibilitas   diantaranya ; London (1962) mengoservasi hipnotisabiliti yang mengembangkan test yang akhirnya disebut Children’s Hypnotic Susceptibility Scale (CHSS ; 1963)  studi ini juga berdasarkan beberapa item dari Stanford Hypnotic  Susceptibility Scale Form A (SHSS ; form A Weitzenhoffer & Hilgard 1959) untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat Karen Olnes – Daniel P Kohen Hypnosis and Hypnotherapy with Chidren third Ed 1996, p 18-32) 
Meski studi tentang susceptibility sudah lama dilakukan sejak jamanya Liebault tahun 1880 an, Hull tahun 1933-an.
Benang merah kesamaan yang didapatkan adalah hypnotisability pada anak anak dibawah 7 tahun lebih rendah, kemudian meningkat sugestibilitasnya dan di usia 7-14 tahun kemudian menurun lagi ketika remaja menuju dewasa.

Hypnotherapy pada anak (Oldness-Kohen)
  • Supportive, Ego Enhanching Methods
  • Sympton Oriented Methods
  • Dinamic, Insight Oriented Methods

Teknik induksi dan deepening bisa digolongkan sebagai berikut ;

Tabel Penggolongan Oleh Olness-Kohen
Visual (multisensory) Imagery
Favorite place
Multiple Animal
Flower garden
Favorite activity
Cloud gazing
Letter watching
Television or Movie Fantasy
Auditory Imagery
Favorite song
Playing a musical instrument
Listening to music
Movement Imagery
Flying blanket
Movement imagery
Sport activity
Bounching ball
Playground activity
Be a snowman
Progessive Relaxation Techniques
Following Breathing
Teddy Bear
Balancing Muscle
Floppy Ragged Ann and Andy
Eye Fixation Techniques
Coin technique
Looking at point on hand
Stereoscopic viewer
Biofeedback
*Ideomotor Techniques
Hands moving together (magnet)
Hand levitation
Arm lowering
Finger lowering
Arm Rigidi
*Ideomotor technique Anak dibuat focus terhadap suatu hal dan dia menjawab dengan gerakan otot tanpa pengaruh conscious.

Story Telling Techniques
Biasanya untuk anak yang terlalu cemas untuk berpartisipasi dalam imagery, maka therapist memutuskan untuk membuat suatu cerita yang menarik bagi anak. Biasanya untuk anak anak yang kesakitan dan takut terhadap treatment medis. Cerita bisa mengandung humor atau fantasi yang memuat anak gembira dan tertawa, dengan begitu anak mendapatkan antidote dari kecemasannya.

Distraction and Utilization techniques
Berdasarkan teknik yang dikembangkan oleh Milton Erikson, khusus untuk anak yang takut dan punya masalah nyeri atau kesakitan di bagian tubuh. Caranya dengan menarik perhatian sesering mungkin melalui hal yang kurang logis, menggeser focus dari posisi negative pada aspeks situasi yang positif, kalau therapist mendapat perhatian anak maka anak jatuh ke trance.
Ini sakit dan ini akan sakit lebih lama, ini barangkali akan sakit lebih lama sampai berhenti.
Tangan kanan terluka biar dan pastikan tangan kirimu tidak terluka lukanya di sini atau sini atau disini atau disini

Technology Aided Induction Techniques
Teknik teknik lain adalah menggunakan teknologi saat anak anak fokus terhadap sesuatu, misalnya misal main mobil atau game kita bisa susupkan sugesti, selain saya juga menggunakan rekaman sugesti maupun berbagai brainwave therapy dan menggunakannya saat anak anak bermain atau tidur.

My best friend (Thompson),
Merupakan modifikasi dari my friend John  dari Milton H Erickson
Ditujukan kepada subyek yang resisten dan menolak hypnosis.
  1. Lihat teman dekat anda imaginasikan berada di kursi itu dan ingin dihypnotis.
  2. Dan kamu yang harus menghypnotisnya karena teman anda ingin tahu bagaimana anda menghypnotisnya.
  3. berikan instruksi kepada teman dekatmu itu, setelah kata kata saya
  4. katakan temanmu supaya menutup mata dan reklas, bagus dan katakan otot otot diwajah supaya dikendorkan, perlahan lahan relaksssssssssss dan kendorrrrrrrrrrrrrrrrrrr katakan juga kepadanya supaya merelakskan leher, punggung perlahan lahan saampai seluruh tubuh
  5. dan perhatikanlah perubahan wajahnya, warna kulitnya nafasnya menjadi sangat halus dan katakan kepada teman dekatmu nafas lambar dan relaksss lebih relasss lebih santaiiiiiiiiiiiiiiiii
  6. dan katakan kepadanya tanganya menjadi ringan dan mengambang perlahan karena semakin relakssssssssss
  7. dan seterusnya.

Beberapa teknik hypnotherapeutic dan NLP yang ditambahkan oleh Donald J Mottin
  • Ideo motor response,
  • Changing Sides,
  • The Hero,
  • Automatic writing
  • Rehearsing,
  • Berbagai teknik regresi : Regresi dengan ideomotor respon, pengingatan melalui regresi, regresi visual, reliving regression.
            Tabel Induction Techniques By Ages (Oldnes – Kohen 1996)
Preverbal                    (0-2 year)

Tactile Stimulation ; stroking patting.
Kinestetic Stimulation ; rocking,  moving an arm back and forth.
Auditory stimulation, music and any whirring sound such as a hairdryer, electric shaver, vacuum cleaner placed out of  the child.
Visual stimulation: Mobiles or others object that change shape, color or position
Holding a doll or stuffed animal.
Early Verbal               (2-4 years)

Blowing Bubbles
Pop-up books
Storytelling
Stereoscopic viewer
Favorite activity
Speaking to the child through a doll or stuffed animal
Floppy Raggedy ann or Andy Teddy Bear
Wathcing induction or self on videotape
PreSchool and Early School  (4-6 years)

Blowing breath out
Favorite Place
Multiple animals
Flower garden
Story telling (alone or in group)
Mighty oak tree
Coin watching
Pop Up Books
Television fantasy
Stereoscopic viewer
Videotape
Bounching ball
Thermal (other) biofeedback
Finger lowering
Playground activity
Middle Childhood     (7-11 years)

Favorite Place
Favorite activity
Cloud gazing
Flying blanket
Video games (actual or imagined)
Riding a bike
Arm Lowering
Blowing breat out
Favorite music
Listening to self on tape
Coin watching
Fixation at point on hand
Hands (fingers) moving together
Arm Rigidity
Adolescence         (12-18 years)

Favorite Place/activity
Sport activity
Arm catalepsy
Following breathing
Videogames (actual or imagined)
Eye Fixation on Hand
Driving Car
Playing or hearing music
Hand levitation
Fingers/hand together as magnets
Fantasy games (dungeons and dragons)
Kasus kasus yang biasanya banyak ditangani adalah medis dan non medis, pada kasus kasus non medis Donald J Motin menggaris bawahi ada lima hal (5 five categories in hypnosis session) yang diperhatikan yaitu :
  1. Habit Patern atau pola kebiasaan seperti ngompol, gigit kuku, kelebihan makan, pola tidur, mengisap jempol, bisa  juga ditambahkan kebiasaan meludah di sembarang tempat
  2. Fears berbagai ketakukan yang jamak pada anak anak seperti takut binatang, takut sendirian, takut gelap, takut dokter,takut monsters, takut jarum,takut kilat dan takut menghadapi tests
  3. Behaviors, berbagai perilaku olah raga, mencuri, rasan rasan
  4. Performance, berbagai hal menyangkut performa termasuk prestasi nilai di sekolah, pola membersihkan kamarr, membaca, menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) dan olah raga.
  5. Self Image, citra diri yang terkatogorikan perasaan bersalah, kebahagian, night mare, percaya diri, harga diri, percaya diri, gagap, tics.
Kasus kasus pada aplikasi medis dan psikologis yang bisa dibantu dan menjadi area pediatric clinical hypnotherapy adalah :
  1. Kasus psikologis
    1. Trauma ( bentuknya bisa fisik, seksual, verbal abuse), penyebab trauma bisa bencana, teror, perang, berbagai kasus kecelakaan.
    2. Habit disorder (Trichotillomania/cabut rambut,kecemasan atau ansietas, enuresis, encopresis, isap jari jempol, gigit kuku, terlalu baanyak makan, obesitas, stammering/stutering atau gagap, tics.
    3. Depresi
    4. Ansietas atau kecemasan meliputi gangguan panik, berbagai macam phobia, separation anxiety, Obsesive Compulsie disorder, General Anxiety Disorder, Post Traumatic Stress Disorder..
    5. Somatoform disorder ; Psikosomatis, abdominal pain atau nyeri perut
  2. Kasus medis
    1. Akut, berbagai nyeri mendadak, trauma fisik atau luka fisik, serangan astma mendadak.
    2. Kronis, nyeri kronis , kasus alergi , dan berbagai penyakit menahun lainnya.
    3. Paliatif, ditekankan bagaimna melakukan survivl dan bagaimana menguatkan terutama anak anak yang mengetahui bahwa dirinya dalam keadaan dying.


Studi Kasus
Kasus kesatu adalah bagan bagaimana mengatasi Asthma

Studi kasus kedua :
ADD/ADHD in Children
Attention Deficit Disorder (ADD) atau ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder)
Pola khusus EEG yang menunjukan hal ini, pola spectrogram diagnosa oleh Neurologist dan atau Psikiater.Thompson ADHD disebabkan kekurangan norepinephrine di ascending RAS, biasanya medikasinya memakai Ritalin.


Symtomnya :
Biasanya lemah pencapaian akademik. Kebanyakan kasus laki laki. Menunjukan perilaku anti sosial. Sadar dengan penampilan. Rata rata 30 menit bertahan untuk PR. Jika diberi daftar tugas hanya ingat bagian belakang saja .Kemampuan mengerjai orang lain. Jarang mau mendengarkan. Susah untuk duduk manis. Memotong pembicaraan orang Secara normal pasif dan sensitif. Susah mengikuti instruksi Cenderung meletakkan-mengambil benda dengan sungguh sungguh. Kelihatan bergerak,  gugup

Positifnya :
Cenderung menjadi orang yang sangat disukai, hangat,bersahabat,orangyang intuitif penuh energi tinggi, dapat dipercaya, sense humor, caring, Empati ke orang lain.

Efek Positif Hypnosis pada ADD ADHD
Menurunkan penggunaan obat
Meningkatkan konsentrasi
Meningkatkan percaya diri
Meningkatkan kemampuan mengorganisir
Meningkatkan kontrol gerakan yang gugup
Lebih bahagia



Stimulus
Yang harus diperhatikan adalah stimulus yang bisa berpengaruh terhadap anak anak dengan ADD-ADHD. Ada dua stimulus internal dan eksternal. Dan semua stimulus ini diterima atau dipersepsikan sebagai hal positif maupun negatif.



Internal :
Selftalk anak
Anger yang mungkin dialami ketika frustasi
Puas terhadap dirinya ketika mengalami kemajuan diri
Melamun,masuk atau keluar sekolah

Eksternal :
Komentar dari guru guru
Kartu laporan
Komentar teman dan orang orang lain
Medications
Komentar orang tua
Stimulus visual di dalam atau diluar rumah


Melakukan Hypnotherapy ADD ADHD sugesti berisi
1. Memperkuat memori
2. Konsentrasi
3. Percaya diri
4.Fokus terhadap kesuksesan
5.Pemahaman
6. Improvisasi belajar

Mengajarkan self hypnosis pada anak, ada 7 basis pokok.
  1. Tunjukan manfaat self hypnosis
  2. Diajarkan relaksasi progresif
  3. Diajarkan visualisasi
  4. Sugesti positif yang benar
  5. Tunjukan bagaimana melakukan deepening
  6. Diajarkan prosedur hypnosis yang benar
  7. Memperkuat pentingnya praktek

Jika Memakai rekaman :
  • Durasi 15 menit
  • Pakai background musik yang sama, dengan sesi hypnosis supaya diasosiasikan bahwa musik ini sebagaimana sesi hypnosis
  • Pakai direct sugestion, anak anak ADD ADHD kurang sukses dengan indirect hypnosis dan methaphors
  • Tiga kali seminggu
  • Waktu yang paling baik malam menjelang tidur
  • Setelah 21 hari ganti rekamannya
  • Buat rekaman yang sangat personal
  • Buat sugesti sederhana dan tepat serta lakukan repetisi sugesti

Akhir kata ada banyak hal yang menarik dalam hipnoterapi anak   maupun NLP untuk penanganan kasus kasus anak sangatlah maju pesat,Maka saran saya sebagai sesama hypnotherapis, alangkah baiknya Anda meng-update kapabilitas Anda belajar melalui buku buku, jurnal atau dengan mengikuti course sebagai continuing education juga di bidang Pediatric Clinical Hypnotherapy sekarang.
Dan tentu saja pilihan Anda mencari pembimbing yang handal, tanyakan kredensialnya, serta pengalaman membantu klien.


Non scholae set vitae verae disco, saya belajar bukan untuk sekolah melainkan untuk kehidupan sejati.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar