Minggu, 18 Desember 2011

JANGAN CUMA JADI THERAPIST SCRIPT !!!


JANGAN CUMA JADI THERAPIST SCRIPT !!!

Artkel ini saya buat karena saya cukup tergelitik ketika menjadikan ‘script’ seperti ‘primbon’ yang menjadi senjata therapist. Namun sebenarnya yang mengganggu saya adalah kurangnya penggalian informasi lebih jauh tentang dinamika permasalahan klien, yang akhirnya menjadikan dirinya “Therapist Script”. He he he… (Anda boleh setuju, boleh tidak… )

Makhsudnya begini… Saya sering menemui therapist yang memiliki “primbon” script yang sangat banyak dan lengkap. Sebenarnya apabila script tersebut hanya sebagai referensi dan nantinya dikembangkan sendiri sesuai permasalahan klien, hal tersebut tidak bermasalah. Namun apabila script menjadi hal yang mekanis dalam proses penyelesaian masalah klien, saya yang kurang setuju. Contohnya seperti ini… Ketika klien A dating kemudian minta diterapi ingin berhenti merokok, kemudian tanpa ba bi bu… langsung kita ‘hajar’ dengan ‘pembacaan script hypnosis berhenti merokok’. Padahal therapist tanpa mengetahui dinamika permasalahan klien, Sejauhmana motivasi berhenti merokok, seberapa banyak yang dirokok, pada saat apa saja kalau merokok, sebab dan akibatnya dan lainnya. Apabila hal tersebut berjalan, maka proses hypnosis menjadi kurang maximal bahkan bias jadi salah sasaran. Akhirnya, hypnosis tidak berhasil… (Namun apakah bisa disimpulkan hypnosis tidak bisa menghentikan merokok atau memang ‘caranya’ saja yang salah…).

Oleh karena itu alangkah lebih baiknya therapist mengetahui lebih banyak tentang dinamika permasalahan klien. Karena hal tersebut akan membuat penanganan dan sugesti yang kita berikan dapat lebih bersifat personal sesuai dinamika permasalahan klien. Hal itu kita dapat ketika kita menggali informasi pada proses pre induksi.

Selanjutnya saya sampaikan tentang panduan menggali informasi pada klien disamping artikel ini melanjutkan artikel sebelumnya tentang pre induksi,.Bagaimana cara kita menggali dan memahami permasalahan klien kita ? Biasanya saya mengacu pada pertanyaan – pertanyaan dibawah ini :

Who
Siapa klien kita ? Seorang terapist harus memahami siapa klien kita, karena hal tersebut sangat berkaitan dengan bagaimana seorang terapist menghadapi klien tersebut. Terapist harus paham, bagaimana latar belakang klien, apa pekerjaannya, hobinya, tempat kesukaannya, pendidikannya maupun aktifitas hariannya. Dengan kita memahami klien, seorang terapist menjadi mudah dalam proses membangun hubungan / raport. Dan kita ketahui dari awal, bahwa raport dalam pre induksi menjadi faktor penentu keberhasilan proses hypnotherapy.

What
Apa masalahnya ? Seringkali saya berpijak pada hal yang lebih riil... apa itu ? Perilaku nyata...Kalau dalam penelitian sering kita dengar, indikator perilaku. Ketika seorang klien mengatakan tidak percaya diri, kita mungkin perlu tanya seperti apa ketidak percaya dirinya, bagaimana bentuk ketidak percaya diri-annya, pada saat apa, ketika dimana, berlaku terus atau hanya 1 kasus yang digeneralisir...Begitu pula orang yang ingin berhenti merokok, kita harus tahu, biasanya merokok berapa bungkus tiap hari, merokok pada saat apa saja dan lain sebagainya. Dengan kita menjawab pertanyaan tersebut lebih detail, seorang terapist menjadi lebih tahu intensitas masalahnya, dinamika permasalahannya, dan lebih terbantu untuk melihat akar permasalahan klien.

Where
Pertanyaan dimensi tempat, bisa jadi menjadi sumber data yang penting. Ketika ada seorang anak yang dianggap ibunya pemalu, tidak percaya diri / ”minderan”, seorang terapist harus bisa memahami dimana anak tersebut pemalu ? Apakah dimana saja dia pendiam dan pemalu ? Ataukah hanya di sekolah saja ? Tetapi di rumah dan lingkungan tetangga dia percaya diri ? Sehingga dengan menjawab dimensi tempat, seorang terapist bisa terbantu dari jebakan – jebakan ”label” yang diberikan pada klien.

When
Ini adalah pertanyaan yang berkaitan dengan dimensi waktu. Hal ini juga sangat penting untuk memahami dinamika permasalahan klien. Kapan permasalahan tersebut terjadi ? Pada saat apa, permasalahan tersebut muncul ? Sejak kapan ? Ketika ada seorang klien menganggap dirinya tidak percaya diri, maka terapist harus bisa menggalinya. Kapan hal tersebut terjadi ? Mungkin dia menganggap tidak percaya diri ketika klien berbicara di depan banyak orang. Bahkan sampai keringat dingin, gemetar di seluruh tubuh dan lain sebagainya. Mungkin kita juga mendapatkan informasi bahwa klien pertama kali mendapati kondisi tersebut ketika pertama kali ketika SMU kelas 1 diminta presentasi, tapi tidak siap dan akhirnya ditertawakan oleh semua warga kelas. Selain itu, terapist juga dapat menggali lebih dalam permasalahan klien dengan mencari tahu apa yang terjadi ”Sebelum” – ”Pada Saat” – Sesudah”. Ketika terdapat klien yang memiliki permasalahan ”merasa tertekan dan ingin selalu menangis”. Kita bisa bertanya ”apa yang biasanya dilakukaan, dipikirkan dan dirasakan” sebelum muncul rasa tertekan dan ingin selalu menangis. Mungkin, ingat pada mantan pacarnya yang meninggal, atau mungkin ketika masuk di kamarnya dan mendengarkan musik tertentu atau warna cat tertentu atau yang lainnya. Karena kita harus paham, hal tersebut mungkin pencetus permasalahan tersebut muncul.
”Pada saat”, maksudnya pertanyaan dengan dimensi waktu ”saat terjadinya masalah tersebut”. Artinya terapist harus dapat memahami apa yang terjadi ketika masalah tersebut muncul. Tidak percaya diri, maksudnya bagaimana ? Apa yang dilakukan klien ? Mungkin gemetar, keringat dingin, klien diam saja, gemetar dll. Apa yang dilakukan klien pada saat tersebut ? Apa yang dipikirkan dan Apa yang dirasakan pada saat itu ? Bagaimana dinamika lingkungan pada saat itu?
”Sesudah” adalah pertanyaan berkaitan dengan dimensi waktu ”pasca masalah tersebut muncul”. Sebagai contoh, ketika seseorang yang memiliki kebiasaan merokok, mungkin terapist bisa menanyakan apa yang dirasakan ketika klien merokok ? Seorang anak yang memiliki kebiasaan mencuri, kebutuhan mencuri atau klepto, apa yang dirasakan, dipikirkan, atau dilakukan setelah anak tersebut mencuri?

Why
Mengapa, adalah dimensi pertanyaan sebab, motivasi, untuk apa, alasan klien ketika perilaku klien terjadi. Seorang terapist tidak boleh menilai benar atau salah alasan seoran klien. Karena apapun alasan klien, justru itulah yang menjadi sumber informasi bagaimana seorang terapist dapat memahami sudut pandang, perasaan apa adanya seorang klien. Dengan keterbukaan klien, seorang terapist dapat lebih memahami dinamika permasalahan klien. Seringkali pikiran bawah sadar, berkorelasi dengan perasaan spontan dan murni dari klien, yang tidak diintervensi dengan pikiran rasional atau bahkan malu dengan terapist. Oleh karena itu, seorang terapist harus dapat memahami alasan ”murni dan spontan” dari seorang klien.

How
Nah...setelah memahami semua pertanyaan tersebut, seorang terapist baru dapat menentukan bagaimana menangani klien tersebut. Semakin banyak dan detil informasi yang didapat semakin membantu terapist untuk dapat menangani klien dengan cara dan metode yang paling tepat dan sesuai dengan klien tersebut.
Saya kira tidak ada alasan untuk menafikkan proses pre induksi / interview awal. Apalagi ketika menganggap bahwa proses awal tersebut hanyalah basa basi belaka. Justru bisa jadi, pre induksi menjadi lebih lama dari pada proses terapi berlangsung. Karena kita juga harus pahami pre induksi adalah bagian dari therapy itu sendiri. Dan tidak sedikit, seorang klien dapat sembuh hanya karena di proses pre induksi saja..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar